IKLAN

 A.         Iklan

·     Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu.

·     Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut.

·     Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan.

·     Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan.

·     Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

·     Keyword atau kata kunci dalam iklan merupakan kata atau ungkapan yang dapat menjelaskan maksud utama dalam sebuah iklan, serta mempunyai peranan penting dalam mengomunikasikan pesan atau berita untuk mengajak pembacanya mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan.

·     Ciri-ciri kata kunci dalam iklan antara lain sebagai berikut:

·     Terdiri dua kata atau lebih  yang membentuk frasa kata.

·     Mengandung kata unik yang terdapat dalam sebuah iklan.

·     Mewakili sebagian besar atau keseluruhan topik atau konsep informasi dari sebuah iklan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai berikut.

1.     Kalimatnya singkat dan jelas.

2.     Bahasanya mudah dipahami dan menarik

3.     Tulisan dan gambarnya menarik


Iklan yang efektif mengandung hal-hal berikut ini:

1.     Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2.     Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3.     Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.

4.     Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5.     Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Contoh Iklan

Contoh kata kunci dari gambar di atas adalah, 

1. makanan sehat dan bergizi, 

2. makanan  sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda,

3. cintai jantung anda konsumsi sayur dan buah segar

 

B.    Jenis – jenis Iklan

Iklan media cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contohnya: poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris, di koran, flyer atau selebaran. Iklan media cetak memiliki unsur-unsur berikut:

1.     Kalimat iklan

2.     Kata kunci

3.     Gambar

Contoh iklan:

Unsur-unsur dalam iklan di atas:

  1. Kalimat iklan: makanlah Singkong sebagai Pengganti Nasi!
  2. Kata kunci: singkong, Nasi, Sehat
  3. Gambar: gambar singkong dengan informasi kandungan di dalamnya

Iklan yang baik harus mengggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Comments