A. Iklan
·
Iklan memiliki fungsi untuk
mempromosikan sesuatu.
·
Di dalam iklan terdapat
kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut.
·
Kalimat yang menarik dan
mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah
iklan.
·
Kalimat yang bersifat
persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan.
·
Kalimat tersebut bertujuan
untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu
iklan.
·
Keyword atau kata kunci
dalam iklan merupakan kata atau ungkapan yang dapat menjelaskan maksud utama
dalam sebuah iklan, serta mempunyai peranan penting dalam mengomunikasikan
pesan atau berita untuk mengajak pembacanya mengikuti apa yang ditulis atau
disarankan oleh pembuat iklan.
·
Ciri-ciri kata kunci dalam
iklan antara lain sebagai berikut:
·
Terdiri dua kata atau
lebih yang membentuk frasa kata.
·
Mengandung kata unik yang
terdapat dalam sebuah iklan.
·
Mewakili sebagian besar
atau keseluruhan topik atau konsep informasi dari sebuah iklan.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai
berikut.
1.
Kalimatnya singkat dan
jelas.
2.
Bahasanya mudah dipahami
dan menarik
3.
Tulisan dan gambarnya
menarik
Iklan
yang efektif mengandung hal-hal berikut ini:
1.
Attention (perhatian).
Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2.
Interest (minat). Setelah
mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa
ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3.
Desire (keinginan). Suatu
cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
4.
Conviction (rasa percaya).
Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus
ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5.
Action (tindakan). Tindakan
merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau
menggunakan produk dan jasanya.
Contoh Iklan
Contoh kata kunci dari gambar di atas adalah,
1. makanan sehat dan bergizi,
2. makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda,
3. cintai jantung anda konsumsi sayur dan buah segar
B. Jenis – jenis Iklan
Iklan media cetak adalah
iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contohnya: poster,
spanduk, baliho, reklame, iklan baris, di koran, flyer atau selebaran. Iklan
media cetak memiliki unsur-unsur berikut:
1.
Kalimat
iklan
2.
Kata
kunci
3. Gambar
Contoh iklan:
Unsur-unsur dalam iklan di atas:
- Kalimat
iklan: makanlah Singkong sebagai Pengganti Nasi!
- Kata
kunci: singkong, Nasi, Sehat
- Gambar:
gambar singkong dengan informasi kandungan di dalamnya
Iklan yang baik harus mengggunakan bahasa yang baik. Agar
dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri
bahasa sebagai berikut.
- Menggunakan
bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
- Menggunakan
bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
- Menggunakan
kata konotasi positif.
Comments
Post a Comment